Pemerintahan

RIDWAN KAMIL SIAP BERSINERGI DENGAN DPRD JABAR

BANDUNG.SJN COM,-Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan siap bekerja sama dengan seluruh anggota DPRD Jabar yang baru dalam menjalankan roda pemerintahan di Jabar.

Gubernur yang akrab disapa Emil itu pun meminta semua pihak melupakan persaingan politik yang sempat menyeruak di ajang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar 2018 lalu.

Meski DPRD Jabar kini dikuasai oleh partai politik (parpol) yang menjadi rival parpol pengusungnya di Pilgub Jabar 2018, yakni Partai Gerindra dan PKS, namun Emil menegaskan, persaingan politik sudah usai dan kini saatnya membangun Jabar bersama-sama.

Jangan membahas lagi masalah yang lalu. Biasakan setelah kompetisi selesai, kota duduk bersama lagi untuk membahas apa yang bisa dikerjakan bersama-sama,” kata Emil seusai Penyerahan Salinan Surat Keputusan Calon Terpilih Anggota DPRD Provinsi Jabar di Kantor KPU Jabar, Jalan Garut, Kota Bandung, Rabu (14/8/2019).

Emil pun memastikan siap menerima kritik membangun jika kebijakan dan gagasannya dinilai tidak sesuai harapan masyarakat Jabar. Bahkan, tidak hanya dari Gerindra dan PKS, Emil juga siap menerima kritikan dari semua parpol di DPRD, termasuk masyarakat Jabar.

“Tidak hanya dua partai, mau kritikan dari partai pengusung, bukan pengusung, dari masyarakat, dan dari manapun, selama itu kritik membangun itu sangat dibutuhkan,” ujar dia.

Emil menuturkan, tanpa kritikan, dirinya tidak akan mengetahui apakah kebijakannya dalam membangun Jabar sesuai harapan masyarakat atau tidak. Terlebih, kata Emil, DPRD memiliki fungsi pengawasan dan memberikan penguatan kepada masyarakat.

“Kami sangat terbuka. Selama untuk kepentingan masyarakat Jabar kita bisa dialog. Tidak ada lagi istilah pilgub, pileg, pilpres, itu sudah lewat. Yang kita samakan sekarang yaitu langkah menuju Jabar Juara Lahir Batin,” tandas Emil.