TNI

Antisipasi Bencana Kodam III/ Siliwangi Gelar Simulasi Penanggulangan Bencana

KBB.SJN COM,– Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono memimpin simulasi penanggulangan bencana dalam mengantisipasi terjadinya bencana di wilayah Jawa Barat  yang digelar di Lapangan  Tembak 300 Pusdikkav Kodiklat TNI AD Jalan Letkol G.A. Manulang Purabaya Padalarang Kabupaten Bandung Barat, Selasa (30/7).

 

Adapun kejadian gempa terjadi di kala masyarakat melaksanakan kegiatan rutin sehingga masyarakat panik menyelamatkan diri dan ada korban luka-luka naik luka  ringan maupun berat.

Pada masa tanggap darurat, Team reaksi cepat dari kodim dan BPBD setempat langaung turun ke lokasi dam memberiman pertolongan kepada masyarakat.

Setelah mendapat laporan dari Danrem/Dandim setempat terkait terjadinya bencana alam, Satgas penanggulangan bencana Kodam III/Siliwangi langsung turun ke lokasi untuk melaksanakan  evakuasi masyarakat dan para korban ketempat yang lebih aman dan korban luka-luka langsung ditangani dilokasi.

Sedangkan yang memwrlukan penanganan serius dan memerlukan penanganan khusus (amputasi) langsung di bawa ke mobil bedah lapangan setelah ditangani selanjutnya di evakuasi ke Rumah Sakit terdekat.

Menurut Pangdam III/Siliwangi, wilayah Jawa Barat  sangat rawan terhadap bencana diantaranya bencana tanah longsor, gunung meletus, banjir bandang dan kemungkinan juga bisa terjadinya tsunami diwilayah pantai selatan. Informasi dari dari BMKG terutama dipantai selatan agar diwaspadai. ” Kodam III/Siliwangi  menyusun organisasi satuan-satuan tugas dan apabila terjadi kita siap untuk menggerakkan pasukannya “.

 

Penanggulangan bencana kata Pangdam, merupakan operasi yang kompleks. Saat bencana terjadi infrastruktur umumnya rusak, listrik padam, bahan bakar sulit dicari, bantuan yang bisa diandalkan berasal dari masyarakat diluar daerah bencana.

 

Pelik dan kompleksnya penanggulangan bencana karena kita harus membuat tenda-tenda tempat penampungan sementara, dapur umum, posko kesehatan dan posko relawan bencana untuk menolong korban. ” prinsifnya bahwa nyawa harus diselamatkan terlebih dahulu, untuk pemulihan dan penanganan selanjutnya kita kirim kebelakang “.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono mengatakan, ” daerah Jawa Barat yang rawan bencana, guna menyikapi hal tersebut, sehingga Kodam III/Siliwangi harus segera menyiapkan satuan-satuan dalam susunan tugas untuk membantu penanganan dalam menghadapi bencana. Karena di satuan-satuan tugas itu sudah lengkap, ada satuan PM, Kesehatan, Hubdam, Paldam dan masing-masing satuan bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing.

 

Pada simulalasi ini melibatkan juga Pramuka, BPBD Prov. Jabar, Akper Dustira dan para relawan bencana serta Tim Kesehatan dari Kodam III/Siliwangi.(Pendam III/Siliwangi)