DPM Desa Jawa Barat Mulai Bangun 23 Jembatan Gantung Pekan Depan

BANDUNG.SJN COM, – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-Desa) Provinsi Jawa Barat akan mulai membangun Jembatan Gantung Desa (Jantung Desa) pada pekan depan. Pada 2019, DPM-Desa Jawa Barat berencana menyelesaikan 23 Jantung Desa yang tersebar di sejumlah Kabupaten/Kota Jawa Barat.

 

Kepala DPM-Desa Jawa Barat Dedi Supandi mengatakan bahwa pemilihan lokasi pembuatan jembatan gantung, kata dia, didasarkan skala prioritas. Ada dua prioritas yang ditentukan DPM-Desa Jawa Barat, yakni akses sekolah dan perputaran roda ekonomi.

 

“Program Jantung Desa akan mulai dilakukan pelaksanaan pembangunannya pada minggu depan. Pemilihan lokasinya didasarkan atas skala prioritas, yaitu akses sekolah bagi anak-anak dan konektivitas ekonomi antar desa,” ucapnya di Kota Bandung, Rabu (17/7/2019).

 

Dengan menetapkan skala prioritas, DPM-Desa Jawa Barat dapat menentukan 23 lokasi dari 84 lokasi yang diusulkan masyarakat. Menurut Dedi Supandi, selain mengutamakan skala prioritas, pihaknya pun melakukan peninjauan langsung ke lokasi.

 

“Dari 84 lokasi Usulan yang masuk ke Pak Gubernur (Ridwan Kamil) telah dilakukan survey lokasi, dan dibuat gambar DED. Sehingga, minggu depan akan dimulai pembangunan yang prioritas dulu di 23 titik lokasi jembatan di 20 lokasi desa di 8 Kabupaten. Sisanya, akan dilanjutkan pada 2020,” katanya.

 

Jembatan Gantung Desa atau Jantung Desa sendiri merupakan salah satu inovasi DPM-Desa untuk merealisasikan visi misi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat –Jabar Juara Lahir Batin.(hms)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *