Polrestabes Bandung Lakukan Uji Coba Rekayasa Jalan Untuk Mengatasi Kemacetan

BANDUNG.SJN COM,-Polrestabes Bandung Lakukan Uji Coba Rekayasa di Jalan Eyckman, Jalan Cipaganti serta Jalan Setiabudi untuk menanggulangi kemacetan yang tadinya 2 jalur dijadikan 1 jalur. Rekayasa Lalu Lintas ini merupakan upaya dari Pemerintah Kota Bandung dan Kepolisian untuk mengurai kepadatan Lalu Lintas di Kawasan Tersebut. Berdasarkan hasil kajian Polrestabes Bandung, Rekayasa ini diperkirakan mampu menurunkan waktu tempuh hingga 70%.

 

Untuk evaluasi yang sudah dilaksakan oleh Polrestabes Bandung, memang ada beberapa perubahan-perubahan yang terjadi. Namun secara global untuk perubahan arus di Jalan Sukajadi menjadi 1 arah, kemudian Jalan Cipaganti merubah arah menjadi 1 arah ke bawah, dan Jalan Setiabudi pula menjadi 1 arah jadi tetap. Hanya perubahan-perubahan pada  jalur-jalur penopangnya saja yang berada di Kawasan tersebut. Contohnya di Jalan Cemara, Kemudian di Jalan Dr. Hatta, serta di Jalan Dr. Otten merupakan Jalur penopang yang sering dilakukan perubahan-perubahan saat dilaksakannya evaluasi.

 

AKBP Agung Reza Pratidina S.I.K mengatakan “Secara Umum, perencanaan mengenai rekayasa jalan ini telah terhitung selama 5 hari, Kondisi lalu lintas yang terjadi khususnya di Jalan Sukajadi itu sudah berubah drastis. Di jam-jam pulang kerja, atau sekitar pukul 5 sore s/d pukul 7 malam biasanya Jalur Sukajadi ini padat, karena memang kondisi Jalannya sempit untuk 2 lajur kendaraan dari atas maupun dari bawah. Terutama yang menjadi titik-titik hambatan di jalur tersebut cukup banyak, mulai dari bawah di daerah Jalan Eyckman, Pasar Sukajadi, Pertigaan Jalan Sukagalih, kemudian naik lagi ada Taman Jablay, Kemudian Jalan Cemara memang beberapa titik-titik tersebut menjadi jalur hambatan termasuk Jalur Sukajadi ini selalu terjadi kemacetan khususnya jam-jam rawan, akan tetapi kondisi saat ini setelah diberlakukan perencanaan Uji Coba Rekayasa, Jalanan di kawasan Sukajadi tersebut menjadi cukup lancar. Tidak ada lagi terjadi hambatan-hambatan, hanya di jalur bawah ada perlabatan saja di wilayah Jalan Ecykman karena memang disana ada SPBU, kemudian aktivitas masyarakat menyebrang jalan yang tidak menggunakan JPO (jembatan penyebrangan orang) sehingga itu memperlambat laju kendaraan tetapi selepas dari Jalan Eyckman Laju kendaraan cukup lancar”.

 

Untuk saat ini kendaraan yang melewati jalur tersebut cukup lancar, mulai dilaksanakan pada hari Kamis (11/7/2019), Weekday, Jumat, Sabtu, Weekend juga lancar. Tidak ada lagi kepatadatan di Jalur Sukajadi, termasuk juga di Jalur Jalan Cihampelas. Jika Uji Coba ini dirasa efektif, maka hal ini akan dipatenkan tetapi jika tidak efektif maka akan dicoba mencari formula lain agar mengurangi kemacetan tersebut. (sapta)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *