Pemprov Jabar Matangkan PPK-BLUD Tahura

BANDUNG.SJN COM,-Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus mematangkan Pola Pengelolalan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD) Taman Hutan Raya (Tahura).

Dari perkembangan yang ada, prediksi kita dengan dilakukan PPK-BLUD dimungkinkan Tahura ini nanti tidak menjadi beban APBD. Tapi, justru akan menjadi pusat keuntungan, karena bisa dikerjasamakan dengan pihak lain dan lingkungan tetap terjaga dengan baik,” ucap Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa di Gedung Sate, Senin (15/7).

Selain itu, kata Iwa, target utama PPK-BLUD adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Salah satu caranya dengan mengoptimalkan semua aktivitas perekonomian di wilayah Tahura.

“Contoh, misalkan, parkir. Karena kemungkinan nanti kan akan dikemas sedemikian rupa, sehingga nanti unsur pariwisata agronya (kehutanannya) lebih meningkat kedepannya,” katanya.

Menurutnya, ada beberapa potensi Tahura yang meski dikembangkan. Selain perbaikan sisi penghutanan, tata kelola Tahura pun mesti mendapatkan atensi.

“Maka pendapatan masyarakat di sekitar dapat meningkat. Karena Tahura tidak hanya akan menjadi paru-paru kota, tetapi juga menjadi destinasi wisata yang menarik,” ujarnya.

Guna merealisasikannya, kata Iwa, ada empat aspek yang menjadi perhatian Pemdaprov Jawa Barat, yakni peningkatan lingkungan, pemanfaatan aset, meningkatkan keuangan daerah, dan melambungkan kesejahteraan masyarakat.

“Karena begitu ada aktivitas ekonomi yang meningkat, maka akan ada puluhan bahkan ratusan aktivitas ikutan,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Iwa meminta BPKAD Provinsi Jawa Barat untuk melakukan evaluasi.

“Mudah-mudahan bulan Juli ini bisa selesai semua. Sehingga nanti proses pelaksanaan PPK-BLUD di bulan Agustus atau September sudah bisa berjalan,” tandasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *