TNI

Dansektor 18 Sosialisasikan Program Citarum Harum Kepada Masyarakat

KARAWANG.SJN COM,- Dansektor 19 Citarum Harum Kolonel Inf Agus Hari mensosialisasikan program Citarum Harum kepada masyarakat yang bertempat di Aula Kecamatan Batujaya Kerawang,  Selasa (18/6).

 

Pada kesempatan tersebut Dansektor 19 menyampaikan program Citarum Harum diantaranya, Program Citarum Harum merupakan Program Pemerintah Pusat berdasarkan Peraturan Presiden RI No. 15 tahun 2018 tentang percepatan pengendalian pencemaran dan kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum.

 

Dansektor 19 Kolonel Inf Agus Hari mengatakan, ” Sungai Citarum yang panjangnya lebih kurang 300 km dari hulu Citarum di Cisanti tersebut mengairi ribuan hektar sawah dan menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat “.

 

Kemudian, ” kita sangat prihatin melihat kondisi DAS Citarum sekarang, banyak warga yang menggunakan air tidak memperhatikan kebersihannya, ” kata Dansektor.

 

Bayangkan, ” kita melihat masyarakat membuang sampah dan kotoran kedalam sungai padahal sungai tersebut digunakan warga untuk mandi, cuci pakaian, ” jelasnya.

 

Untuk itu kata Dansektor, ” mari bersama-sama kita merubah menside, benahi kebiasaan yang kurang baik menjadi baik,  diantaranya yang biasanya buang air di sungai kita akan buat jamban umum yang dapat dimanfaatkan oleh warga “.

 

” Merubah kebiasaan lama tidaklah mudah dan butuh waktu dan perjuangan. Melalui program Citarum Harum ini dan atas kerjasama seluruh komponen masyarakat serta tekad yang kuat hal tersebut bisa terwujud yang penting ada kemauan dari masyarakat, ” terang Dansektor.

 

Selain itu, ” dengan diadakannya sosialisasi ini juga untuk mengenalkan kepada masyarakat  bahwa diwilayah ini ada Satgas Citarum Harum Sektor 19 yang personilnya tersebar  dibeberapa daerah atau desa. Mereka bekerja bersama-sama dengan masyarakat untuk merevitalisasi Sungai Citarum, ” ulas Dansektor.

 

Satgas Citarum berpayung hukum Perpres RI, selaku Dansatgas Citarum Harum adalah Gubernur Jabar H.M. Ridwan Kamil, Wadan Satgas Citarum Harum bidang revitalisasi Sungai Citarum adalah Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Tri Soewandono  sedangkan bidang hukum Kapolda Jabar Irjen Pol Drs. Rudy Sufahriadi.

 

Kegiatan ini dihadiri  oleh Danramil, Kapolsek, Aparatur Kecamatan, Aparatur Desa dan sekitar 100 orang tokoh masyarakat setempat. (Pendam III/Siliwangi).