TNI

299 Orang Siswa SMA Mengikuti Penataran Kader Bela Negara

 

CIKOLE.SJN COM,- Manfaatkan kesempatan ini sebagai forum komunikasi baik antara peserta maupun dengan para pembina dan pelatih dalam menyerap sebanyaknya pengalaman serta ilmu pengetahuan yang sangat berharga.

 

Hal tersebut dikatakan Aster Kasdam III/Siliwangi Kolonel Arh G.T.H. Hasto Respatyo, S.T saat membuka penataran Kader Bela Negara Tingkat SLA di Dodik Bela Negara Rindam III/Siliwangi Jalan Raya Cikole Lembang, Selasa (21/5).

 

Pada kesempatan tersebut, Aster menyapa dan mengucapkan selamat datang kepada 299 orang peserta penataran Kader Bela Negara  dari berbagai Sekolah Tingkat SLA se Jabar dan Banten.

 

Lebih lanjut dikatakan Aster, ” selama berada di Dodik Bela Negara ini, kalian diharapkan dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan sungguh-sungguh sehingga dapat dijadikan bekal pengembangan kepribadian sekaligus memiliki keterampilan untuk meniti masa depan yang lebih baik “.

 

” Selama mengikuti kegiatan ini, para peserta diberikan pembekalan terkait dengan wawasan kebangsaan, semangat nasionalisme, kesadaran berbangsa dan bernegara sekaligus kemampuan awal bela negara, ” urai Hasto.

 

” Untuk menumbuhkan watak generasi muda yang memiliki rasa cinta tanah air, setia kepada Pancasila sebagai Ideologi Negara tidak bisa dilaksanakan secara sektoral oleh kalangan tertentu atau hanya  menjadi tugas Pemerintah Daerah maupun Instansi Militer saja tetapi memerlukan dukungan dan kerjasama dengan berbagai elemen masyarakat lainnya termasuk Kodam III/Siliwangi, ” jelas Aster.

Setelah selesainya mengikuti kegiatan ini diharapkan, ” para peserta dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, baik dilingkungan sekolah maupun ditempat tinggal masing-masing, ” kata Aster.

 

Selain itu terang Hasto, penataran Kader Bela Negara ini dijadikan momentum sebagai Kawah Candra Dimuka yang rekreatif dan menyenangkan serta jauh dari kesan keterpaksaan, tertekan atau menganggap kegiatan ini sebagai bentuk militerisasi “.

Kegiatan ini dilakukan merupakan upaya Kodam III/Siliwangi bersinergi dengan Instansi Pendidikan  dengan mengadakan kegiatan penataran Kader Bela Negara yang juga merupakan amanat  UU No. 34 tahun 2004 tentang Operasi Militer Selain Perang (OMSP) yang salah satunya membantu Pemerintah Daerah dalam melaksanakan pembangnan, terutama pembangunan karakter Bela Negara kepada generasi muda. (Pendam III/Siliwangi).