HUT KE-I MUSEUM GEDUNG SATE , HADIRKAN 48 MUSEUM

BANDUNG.SJN COM. -Empat puluh delapan museum yang ada di jawa barat akan  kumpul di gedung sate untuk mengikuti museum festival dalam rangka memeriahkan peringatan hut ke -1 museum gedung sate yang akan berlangsung tanggal 15 dan 16 Maret 2019 yang akan dilaksanakan di Taman halaman belakang Gesung sate.

Hal dikatakan Kepala Biro setda prov jabar Dr.  Iip Hidayat pada acara Japri (jabar punya informasi) didampingiKepala Bagian Publikasi Peliputan dan Dokumentasi Sekretariat Daerah Jawa Barat, Azis Zulficar di auditorium Museum Gedung Sate Jumat (8/3).

Museum se Jabar diundang untuk buka stand, karena Setda Prov Jabar, ingin menjadikan HUT Museum Gedung Sate sebagai ajang silaturahmi museum se Jabar, dalam rangka pelestarian cagar budaya.

“Kalau kita bicara museum, kita perlu banyak sosialisasi agar masyarakat bisa lebih dekat lagi dengan museum, terutama milenial,” kata IIp.

Ke-48 museum yang akan memeriahkan itu terdiri dari Bogor (6 museum), Karawang (1 museum), Subang (3 museum), Indramayu (1 museum), Sukabumi (3 museum), Cimahi (1 museum), Bandung (18 museum),  Sumedang (1 museum), Garut (2 museum), Tasikmalaya (1 museum), Ciamis (2 museum), Kuningan (2 museum), dan Cirebon (5 museum).

Sementara Kabag Publikasi Peliputan dan Dokumentasi Setda Jawa Barat, Azis Zulficar mengatakan, Museum Gedung Sate  meski hanya memeiliki luas 500 meter persegi tetapi merupakan museum percontohan, karena dia adalah museum pertama di Indonesia, yang lokasinya menyatu dengan kantor pemerintahan. “Yang saya tahu, baru Gedung Sate, jadi baru yang pertama,” katatnya.

Mengingat status pionirnya itulah, jangan heran kalau kemudian Museum Gedung Sate kedatangan tim dari Kementerian Risetdikti untuk studi banding. “Mereka juga ingin membuat museum tentang iptek,” jelasnya.

Lebih jauh dikatakannya, sejak diresmikan jumlah pengunjung Museum Gedung Sate sudah mencapai 146.200 pengunjung. “Itu yang terdaftar, yang tidak terdaftar sebetulnya bisa lebih banyak lagi,”.

Tidak hanya itu, Azis juga mengatakan ulang tahun Museum Gedung Sate sendiri sebetulnya jatuh pada tanggal 8 Desember 2018, kemarin. Karena satu dan lain hal, perayaannya baru bisa diadakan pada tanggal 15-16 Maret, besok

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *