Ragam

IMLEK BISA MEMBAWA KEDAMAIAN DI INDONESIA

BANDUNG.SJN COM. -Imlek merupakan perayaan tahun baru seperti halnya pada perayaan tahun baru masehi atau tahun baru hijriah dalam umat Islam. Tahun baru untuk warga Tionghoa ini dirayakan setiap tahunnya, berdasarkan perhitungan kalender tahun China. Pada perayaan ini banyak sekali tradisi yang dilakukan oleh orang-orang keturunan Tionghoa.

Biasanya mereka melakukan perayaan di rumah kerabat, di restaurant di kelenteng atau yang lebih meriah di tempat-tempat keramaian. Setiap tradisi tersebut sebenarnya memiliki makna tersendiri tidak sekedar memeriahkan saja. Apa saja tradisi pada perayaan Imlek yang dilakukan orang-orang Tionghoa adanya kue keranjang makna nya kue manis dibuat dari ketan artinya ketan itu lengket artinya kita harus bersatu dan manis artinya selalu manis enak tidak pait.Adanya pernak-pernik  merah simbol bahagia hangat  suasana ramai. Hal ini dikatakan oleh Tjutju Widjaya salah satu Pelukis dan Pemerhati Pendidikan di Kota  Bandung,Selasa (5/2/2019).

Lebih jauh Tjutju menuturkan bahwa Kita bukan percaya tahayul dengan membakar uang-uang an  akan mendatangkan rejeki berlimpah, itu hanya salah satu simbol dan memberikan ampau untuk berbagi bagi sesama itu semua dengan kerja keras artinya kita harus bekerja untuk mendatangkan rejeki ujarnya.

Harapannya Imlek membawa kedamaian bagi Negeri Indonesia. (dh)