Pariwisata

Nikmati Waktu Luangmu di Destinasi Baru ,Lion Air Membuka Rute Surabaya ke Samarinda

SURABAYA.SJN COM. -Surabaya sebagai ibukota Jawa Timur sudah melegenda sejak lama. Terutama kalangan business dantravelers, kota ini juga dikenal paling cocok tempat bertualang. Misalnya, penikmat sejarah bisa mengunjungi Monumen Kapal Selam, Museum Sepuluh Nopember, Patung Djoko Dolog, Balai Kota, House of Sampoerna, Museum Negeri Mpu Tantular. Untuk destinasi ekowisata dipersilakan mampir ke Pasar Bunga Kayoon atau budi daya bakau di Wonorejo Rungkut. SURABAYA – 10 Januari 2019.

 

Khusus penggemar wisata belanja, tersaji banyak UKM yang membuka gerai dan menawarkan produk makanan atau kerajinan lokal. Satu lagi, tak lengkap tanpa menjajal kuliner yang selalu dicari, seperti nasi bebek, rujak uleg, kupang lontong, rawon, lontong balap dan masih banyak lagi.

 

Setelah dari Surabaya, travelers diajak ke Samarinda, ibukota Kalimantan Timur. Keunikannya, kota yang terpadat penduduknya di Kalimantan ini sangat popular penghasil kain tenun motif kotak-kotak. Pehobi belanja bisa datang langsung ke Samarinda Seberang. Menariknya lagi, dapat menyaksikan langsung proses pembuatannya yang masih tradisional menggunakan Gedokan, alat tenun non-mekanis.

 

Paling menjadi daya tarik ialah wisatawan dapat menjelajahi kota yang dibelah oleh Sungai Mahakam. Selain itu, Samarinda juga menyuguhkan berbagai objek wisata mulai dari alam, sejarah, budaya, kuliner dan lainnya.

 

Era kekinian, Samarinda menjadi gerbang baru menuju Kaltim. Miliki rencana lebih awal untuk traveling ke sana, Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group mulai 11 Januari 2019 akan meresmikan rute baru non-stop Surabaya menuju Samarinda.

 

Dalam menggugah minat jalan-jalan tujuan Surabaya dan Samarinda, Lion Air menawarkan pengalaman terbang dengan pesawat terbaru Boeing 737-800NG (189 kursi kelas ekonomi), Boeing 737 MAX 8 (189 kursi kelas ekonomi), Boeing 737-900ER (215 kursi kelas ekonomi).

 

Penerbangan dioperasikan secara regular pergi pulang (PP) berjadwal satu kali setiap hari. Lion Air terbang  dengan nomor JT-314. Pesawat lepas landas melalui Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur (SUB) pukul 10.25 WIB dan mendarat di Bandar Udara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto, Samarinda, Kaltim (SRI) pada 12.55 WITA.

 

Untuk rute sebaliknya, Lion Air lepas landas dari Samarinda sesuai jadwal keberangkatan pada 13.35 WITA menggunakan nomor JT-317 dan diperkirakan  tiba di Surabaya pukul 14.05 WIB.

 

Lion Air mengucapkan terima kasih kepada regulator, AirNav Indonesia, pengelola bandar udara, seluruh kru, karyawan dan semua pihak dalam membantu kelancaran rencana rute ke Kalimantan Timur. Samarinda akhirnya menempatkan menjadi destinasi kedua di Kaltim, setelah kesuksesan layanan Surabaya ke Balikpapan. Dengan demikian, rute ini adalah pilihan baru pebisnis dan pelancong melalui penerbangan langsung dengan pilihan jadwal terbaik di Surabaya dan Samarinda.

 

Ekspansi bisnis dengan melakukan penerbangan pertama di Samarinda merupakan bagian komitmen Lion Air untuk menghubungkan antardestinasi domestik sekaligus memperkuat layanan dan jaringan Lion Air yang saat ini sudah beroperasi.

 

Rute baru ini memberikan keuntungan dan nilai lebih bagi masyarakat, wisatawan dan pebisnis dari berbagai kota untuk singgah terlebih dahulu di Surabaya, kemudian melanjutkan penerbangan ke Samarinda.

 

Sedangkan dari  warga Samarinda dan sekitar yang mempunyai rencana menjelajahi lebih luas lagi kota-kota favorit yang dilayanai oleh Lion Air semakin mudah. Lion Air menawarkan koneksi perjalanan terbaik melalui Bandar Udara Internasional Juanda.  Kemudahan konektivitas antara lain ke Medan, Padang, Pekanbaru, Batam, Jambi, Palembang, Lampung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Lombok, Kupang, Pontianak, Makassar, Kendari, Palu, Manado, Gorontalo, Ambon, Ternate, Sorong, Jayapura, Merauke serta kota-kota ikonik lainnya.

 

Samarinda sebagai destinasi baru ini telah menjawab permintaan pasar perjalanan udara yang tinggi antara Kaltim dan Jatim. Hal ini juga dalam upaya mendukung agenda pemerintah melakukan pengembangan pariwisata nasional guna meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia serta mendongkrak wisatawan nusantara.

 

Sejalan dengan peningkatan potensi bisnis, perdagangan, industri kreatif, jasa dan sektor lainnya di kedua kota, Lion Air akan menambah frekuensi terbang menjadi dua kali sehari efektif 16 Januari 2019. Dari Surabaya pukul 14.45 WIB dan dari Samarinda pada 17.50 WITA.

 

Bersamaan dengan pembukaan rute baru Surabaya ke Samarinda (11/ 01), Lion Air juga akan meresmikan inaugural flight Balikpapan – Kertajati, Majalengka PP dengan frekuensi terbang satu kali setiap hari.

 

Lion Air memproyeksikan pertumbuhan trafik khususnya wisatawan serta pebisnis di Samarinda dan Surabaya akan terus berkembang, seiring berbagai inisiasi maupun kolaborasi pemerintah, maskapai, perhotelan, pengelola bandar udara, pelaku industri wisata, dengan dukungan dari banyak pihak.

 

Informasi Penerbangan Lion Air Group di Samarinda

Rute Lion Air Frekuensi Terbang
Samarinda – Surabaya *) 2 kali per hari
Rute Wings Air  
Samarinda – Berau 1 kali per hari
Rute Batik Air  
Samarinda – Makassar 1 kali per hari
Samarinda – Jakarta Halim Perdanakusuma 1 kali per hari
Samarinda – Soekarno-Hatta, Tangerang 2 kali per hari

 

Informasi Penerbangan Lion Air di Juanda

Rute Frekuensi Terbang
Surabaya – Medan Kualanamu 1 kali per hari
Surabaya – Batam 3 kali per hari
Surabaya – Pekanbaru 1 kali per hari
Surabaya – Padang 1 kali per hari
Surabaya – Palembang 1 kali per hari
Surabaya – Tanjung Karang, Lampung 1 kali per hari
Surabaya – Soekarno-Hatta, Tangerang 12 kali per hari
Surabaya – Bandung 3 kali per hari
Surabaya – Pontianak 2 kali per hari
Surabaya – Palangkaraya 2 kali per hari
Surabaya – Tarakan 1 kali per hari
Surabaya – Balikpapan 8 kali per hari
Surabaya – Banjarmasin 7 kali per hari
Surabaya – Denpasar 4 kali per hari
Surabaya – Lombok 5 kali per hari
Surabaya – Kupang 4 kali per hari
Surabaya – Makassar 6 kali per hari
Surabaya – Manado 2 kali per hari
Surabaya – Kendari 1 kali per hari
Surabaya – Kuala Lumpur 2 kali per hari
Surabaya – Samarinda *) 2 kali perhari

 

Informasi Penerbangan Batik Air di Juanda

Rute Frekuensi Terbang
Surabaya – Soekarno-Hatta, Tangerang 10 kali per hari
Surabaya – Jakarta Halim Perdanakusuma 7 kali per hari
Surabaya – Makassar 2 kali per hari
Surabaya – Ambon 1 kali per hari
Surabaya – Denpasar 1 kali per hari
Surabaya – Sorong 1 kali per hari
Surabaya – Labuan Bajo 1 kali setiap Senin, Rabu, Kamis, Jumat dan Sabtu

 

Informasi Penerbangan Wings Air di Juanda

Rute Frekuensi
Surabaya – Solo 1 kali per hari
Surabaya – Yogyakarta 6 kali per hari
Surabaya – Semarang 4 kali per hari
Surabaya – Sumenep 2 kali per hari
Surabaya – Banyuwangi 1 kali per hari
Surabaya – Jember 1 kali per hari
Surabaya – Pangkalan Bun 1 kali per hari
Surabaya – Sampit 1 kali per hari
Surabaya – Labuan Bajo 1 kali setiap Selasa, Sabtu dan Minggu

*) Penerbangan perdana efektif 11 Januari 2019 dan penambahan frekuensi terbang

efektif 16 Januari 2019.