TNI

Prajurit Yonif 320/Badak Putih dan Kodim 0601/Pandeglang Bantu Evakuasi Korban Tsunami

SERANG.SJM COM.-Bencana alam naiknya air laut ke permukaan dan tsunami yang melanda Selat Sunda Sabtu Malam, (23/12), telah menghentakan kita semua bahwa terjadinya bencana tidak bisa diprediksi karena merupakan kehendak Ilahi. (24-12-18)

 

Namun demikian, kesigapan yang ditunjukan oleh Prajurit Kodam III/Siliwangi dari Kodim 0601/Pandeglang dan Batalyon Infanteri 320/Badak Putih perlu mendapatkan apresiasi.

 

Menurut data sementara yang diperoleh dari Danramil Labuan Kapten Inf Indra Darmawan, Bencana alam yang memporak porandakan daerah wisata andalan Provinsi Banten tersebut menelan  korban  92 orang meninggal dunia, luka-luka 584 orang dan hilang 20 orang.

 

Sejak pukul 04.00 Wib Minggu 24  Desember 2018 Prajurit Yonif 320/BP yang berlokasi tidak jauh dari tempat bencana sudah langsung diterjunkan melakukan pencarian dan evakuasi korban dan memberikan bantuan obat-obatan yang dibutuhkan sementara.

 

“ Kami fokuskan untuk mencari korban yang selamat untuk dievakuasi ketempat yang lebih aman ”, ujar Kapten Inf Indra Darmawan.

 

“Baru kemudian mengevakuasi jenasah, pembersihan puing-puing rumah warga yang runtuh akibat diterjang ombak tinggi dan mengevakuasi kendaraan yang tertimpa pepohonan”, tambahnya.

 

Daerah yang terkena dampak paling parah adalah Kabupaten Pandeglang, yang terdiri atas kawasan wisata Pantai Carita, Tanjung Lesung, Sumur, Teluk Lada, dan Panimbang.

 

Hingga saat ini, Prajurit dari Yonif 310/KK yang bermarkas di Sukabumi, Yonif 315/Garuda Bogor dan Yon Armed 5/105 Tarik Cipanas sudah ikut bergabung dengan Prajurit Kodam III/Siliwangi lainnya, bersama-sama dengan komponen lainnya ikut mengevakuasi para Korban bencana.

 

(Pendam IiI/Siliwangi)