Parlementaria

IKIAD Provinsi Jawa Barat Selenggarakan Bakti Sosial Menyambut Hari Ibu

CIREBON.SJN COM. -Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat yang juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Kekeluargaan Istri dan Ibu Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat (IKIAD), Ineu Purwadewi Sundari didampingi Anggota IKIAD dan Kaukus Perempuan Parlemen (KPP) Provinsi Jawa Barat serta Dharma Wanita Persatuan Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Barat melaksanakan kegiatan bakti sosial di Desa Sepat Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka serta  di UPTD  Panti Sosial Rehabilitasi Tuna Sosial (PSRTS) Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat di Kabupaten Cirebon, Senin (17/12/2018)

Bakti Sosial yang dilaksanakan dalam rangka Memperingati Hari Ibu Tahun 2018 tersebut, sebagaimana yang disampaikan oleh Ineu, selain merupakan pelaksanaan program kerja IKIAD di Bidang Sosial juga sebagai bentuk kepedulian IKIAD kepada masyarakat di Jawa Barat.

Menurut Ineu, kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan IKIAD telah dilaksanakan di beberapa tempat di wilayah Jawa Barat dan ini telah berlangsung sejak kepengurusan IKIAD periode-periode sebelumnya.

“IKIAD telah berkeliling ke beberapa wilayah di Jawa Barat untuk melaksanakan bakti sosial, ini tidak lain adalah bentuk kepedulian kami, kanyaah kami terhadap masyarakat Jawa Barat,” ujar Ineu.

Pada kegiatan bakti sosial tersebut, IKIAD memberikan bantuan berupa bahan-bahan kebutuhan pokok serta perlengkapan sekolah bagi anak-anak di Desa Sepat.

Kepala Desa Sepat, Hasan Sanusi saat menyampaikan sambutannya merasa bersyukur dan menyambut baik pelaksanaan bakti sosial di desanya, dan berharap dengan kegiatan bakti sosial ini desanya akan mendapatkan perhatian lebih lanjut dari pemerintah.

Seusai melaksanakan bakti sosial di Desa Sepat Majalengka, IKIAD juga melaksanakan kegiatan yang sama di UPTD Panti Sosial Rehabilitasi Tuna Sosial Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat di Palimanan Kabupaten Cirebon.

Ketua DPRD beserta anggota IKIAD, KPP dan Dharma Wanita Persatuan tidak saja berdialog dengan para siswi penghuni UPTD namun juga berkesempatan untuk berkeliling melihat-lihat fasilitas yang ada di UPTD serta melihat-lihat serta membeli hasil karya penghuni UPTD seperti kerajinan tangan yang juga dijual di panti.

Selain memberikan bantuan, Ineu memberikan motivasi kepada para penghuni panti untuk kembali melanjutkan hidupnya dengan baik selepas dari panti.

“Manfaatkan pelatihan-pelatihan yang telah diberikan selama di panti untuk membuka usaha atau bekerja.  Kembalilah kepada keluarga jangan sampai kembali lagi ke sini,” papar Ineu.

UPTD Panti Sosial Rehabilitasi Tuna Sosial Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat yang berada di Palimanan Kabupaten Cirebon sebagaimana disampaikan oleh Kasubag Tata Usaha, Lia Julia, selama 3 bulan memberikan bimbingan serta pembinaan kepada para penghuni panti yang menurutnya datang dari berbagai kota di Jawa Barat.

“Mereka diantaranya dikirim oleh Satpol PP bahkan ada yang memang datang sendiri untuk mendapatkan pelatihan-pelatihan keterampilan seperti menjahit, bordir dan menata rambut,” ujarnya.(hms/die)