Parlementaria

Ketua DPRD Jabar :Perempuan Jawa Barat Jadilah Pelopor Di Masyarakat

SUBANG.SJN COM. -Dalam memperingati Hari Ibu 2018 yang diperingati setiap tanggal 22 Desember, Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Hj. Ineu Purwadewi Sundari, S.SoS, MM mengadakan acara Dialog Hearing dengan Tema Kepemimpinan Perempuan yang diadakan di Kabupaten Subang, Kamis (20/12/2018).Acara ini dihadiri  Perwakilan dari DP3AKB Jawa Barat, DP2KBP3A Subang, Aktifis Perempuan , Kader Posyandu, PEKKA ,Para Mahasiwi Perguruan Tinggi di Subang serta berbagai Pemerhati Perempuan.

Dalam sambutannya Kabag Humas Dan Protokol Setwan DPRD Provinsi Jawa Barat Yedi Sunardi, SE MM memaparkan bahwa Hearing Dialog  ini sebagai bagian dari program kerja DPRD Provinsi Jawa Barat, juga dalam rangka Peringatan Hari Ibu yan diwujudkan dalam bentuk Dialog Interaktif mengenai bagaimana sosok Perempuan Pepimpin yang dibutuhkan oleh masyarakat Jawa Barat.Harapnnya Hasil atau rumusan dari kegiatan Hearing Dialog ini nantinya akan menjadi salah satu pertimbangan dalam pengambilan keputusan atau kebijakan yang berpihak kepada kaum perempuan khususnya di Jawa Barat ujar Yedi.

Sementara itu Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Hj. Ineu Purwadewi Sundari menuturkan bahwa Hari ini rangkaian Peringatan  Hari Ibu DPRD Provinsi Jawa Barat , kalau kemarin kita sudah melakukan bakti sosial di Desa Sepat Kabupaten Majelangka, kunjungan ke balai sosial perempuan dan anak di Palimanan Cirebon , kemudian kita melihat perkembangan KUMKN di Jawa Barat.

Hari ini kita menutup rangkaian Hari Ibu dengan Dialog Hearing dengan  para perempuan-perempuan , baik perempuan milineal, ibu-ibu pos yandu dan stakeholder perempuan yang ada di Kabupaten Subang.Alhamdulillah antusias luar biasa , kami ditemani oleh Perwakilan dari DP3AKB Jawa Barat, DP2KBP3A Subang, Aktifis Perempuan , Kader Posyandu, PEKKA ,Para Mahasiwi Perguruan Tinggi di Subang serta berbagai Pemerhati Perempuan tuturnya.

Lebih jauh Politisi Perempuan PDI Perjuangan ini menuturkan Saya berharap informasi tentang kebijakan perempuan terkait dengan kepemimpinan perempuan, terkait dengan masalah-masalah perempuan bisa menjadi masalah diskusi pada hari ini, Kami berharap dalam memperingati Hari Ibu  2108 DPRD Provinsi Jawa Barat bisa memberikan kegiatan-kegiatan perempuan yang dapat dirasakan oleh perempuan di Jawa Barat.

Terkait dengan permasalahan-permasalan Perempuan di Jawa Barat, Support dari DPRD Provinsi Jawa Barat, tentunya DPRD Provinsi Jawa Barat mempunyai regulasi terkait tracffing, terkait kewirausahaan, terkait dengan ekonomi kreatif, berkaitan dengan perda perempuan secara langsung Disabilitas dsb nya.

Saya berharap Perda ini berimplementasikan dengan baik, kemudian juga dengan Perda-Perda kemasyarakatan, kewirausahaan , saya berharap akan tumbuh perempuan-perempuan yang hebat yang berwirausaha  yang berekonomi kreatif  itu ada di perempuan yang ada di Jawa Barat.

Bagimanapun  jumlah Perempuan di Jawa Barat cukup banyak, saya berharap Perempuan-Perempuan di Jawa Barat bisa menjadi Pelopor baik di desa, di Kab/Kota  maupun di Provinsi, untuk bisa mengembangkan ekonomi juga pemerhati lingkungan, kemudian minimal  bisa menyelesaikan masalah-masalah sosial oleh Perempuan itu sendiri, tadi saya memberi semangat pada mereka, bahwa mereka mampu, mereka bisa asal mereka ada kemauan untuk bisa menghadapi dan membantu mencarikan solusi perempuan khususnya yang ada di Kabupaten Subang, umumnya yang ada di Jawa Barat.  Pada kesempatan ini Saya ucapkan selamat hari Ibu 2018, semoga Ibu-ibu dan Perempuan-Perempuan di Jawa Barat tetap menjalankan khitohnya , tetap bisa  berkarya, tetap bisa bekerja, tetapi bisa memberikan pekerjaanya, bisa memberikan solusi-solusi untuk menyelesaikan masaalah perempuan bisa dicarikan solusi untuk kaum Perempuan itu sendiri  dan setidaknya mengurangi tanggapan bahwa selama ini tidak ada kepedulian sendiri dari Perempuan , justru Perempuan di Jawa Barat bisa jadi Pelopor untuk menjadi pejuang-pejuang perempuan yang ikut serta dalam mennyelesaikan persoalan Perempuan yang ada di Jawa Barat ujar Hj.Ineu

Selamat Hari Ibu 2018  untuk Ibu-Ibu di Jawa Barat untuk tetap bisa berkarya, tetap bisa meemberikan yang terbaik pada keluarga, bagi lingkungan  dan tetap menjadi Ibu Bangsa yang bisa membangun lingkungannya.

Terkait denga Tips Cantik ,saya hanya memberikan motivasi kepada kaum Perempuan yang hadir hari ini bahwa saya bilang bahwa Perempuan itu harus cantik yaitu perempuan itu harus mempunyai kecakapan, antusius  untuk tetap semangat dalam menghdapi kehidupan di dunia, kerja juga antusias semangat dalam beraktifitas, kemudian juga mempunyai niat , kemudian selalu mempunyai ketekunan, kemudian mempunyai inisiatif untuk menjadi program-program Inovasi , Perempuan –perempuan yang ada ini  harus menumbuhkan komunikasi yang komunikatif sehingga membangun. Juga ikut serta mencari solusi yang dihadapi , Tips Cantik ini saya berharap menjadi semangat untuk mereka untuk berkarya , bekerja minimal di lingkungannya, banyak mahasiswa, aktifitas perempuan , ibu-ibu Pos yandu yang menjadi relawan di masyarakat.

Terkait dengan anggaran berbasis gender , saya berharap di setiap OPD dan itu juga ada anggarannya karena anggaran responsif gender bukan hanya untuk perempuan saja, berbagai program ada di OPD seperti  di bidang pertanian adanya kelompok Tani perempuan ,bidang perikanan adanya gerakan gemar makan ikan , bina marga yang menangani jalan, adanya jalan untuk kaum disabilitas dinas sosial penanganan bidang perempuan dan anak,  adanya PEKKA , Organisasi Perempuan yang ada membutuhkan sport dari kita,  untuk melakukan komunikasi dan sinergi dengan lembaga-lembaga yang mendorong bagaimana masalah-masalah perempuan dan sosial bisa tertangani dengan  baik pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut Mahasiswi Universitas Subang ynag bernama Sand Belita N dari Fakultas Ilmu Komuniaksi menuturkan bahwa dengan diadakannya Dialog Hearing ini cukup bagus , selain  memberikan wawasan yang terkait dengan permasalahan perempuan  yang terjadi dan isu-isu apa yang terjadi di masyarakat sangat penting untuk diketahui perempuan itu sendiri serta memberikan motivasi untuk diri sendiri juga hal-hal tentang perempuan dikupas juga jadi menambah ilmu dan yang tak kalah menariknya Motivasi dari Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat sangat bagus sekali untuk memotivasi diri sendiri agar lebih semangat dan maju ujarnya. (dh)