Parlementaria

Ketua DPRD Jabar : Kaum Perempuan Harus Peduli Politik

BANDUNG.SJN COM.-Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi op­tismistis pelaksanaan Pemi­lihan Umum (Pemilu) 2019 khususnya di Jawa Barat (Jabar) dapat berjalan lancar.

Dia mengatakan, selama ini KPU dan Bawaslu Jawa Barat sudah bekerja dengan baik. Bah­kan, terus memberikan informasi pada setiap perkembangannya.

Ineu menuturkan, DPRD Jabar akan terus mendorong agar pelaksanaan pemilu pada Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Pre­siden (Pilpres) dapat berjalan sesuai harapan. Terutama tingkat partisipasi pemilih.

 

’’Kemarin itu sudah saya imbau agar para anggota dewan juga ikut membantu dengan terjun ke masyara­kat ketika reses untuk me­nyosialisasikan Pileg dan Pilpres agar partisipasi pe­milih meningkat,” jelas Ineu ketika ditemui di gedung DPRD.

Dalam melaksanakan reses III masa si­dang 2018, se­tiap ang­gota DPRD Provinsi Jawa Barat berke­wajiban untuk melakukan kegia­tan jaring aspirasi di masy­arakat sekaligus mengajak berpartisipasi dalam pemilu 2019 mendatang.

 

Dia menilai, untuk urusan pemilu, Jawa Barat merupa­kan provinsi menjadi baro­meter dan sorotan nasional karena memiliki jumlah DPT terbesar di Indonesia 31.730.042 pemilih.

Ineu optimis, tingkat par­tisipasi akan meningkat. Sebab, berkaca pada Pemi­lihan gubernur (Pilgub) 2018 tingkat partisipasi mencapai 70 persen.

 

Dia menghimbau kepada kaum perempuan harus me­miliki kepedulian terhadap politik. Sebab, partisipasi perempuan sangat menen­tukan masa depan bangsa. Terlebih, pemilih perem­puan memiliki nilai penen­tu terhadap kelangsung Pemilu nanti.

’’DPT perempuan dan laki-laki hampir seimbang, maka perempuan juga menjadi perhatian lebih, ” pungkasnya. (dh)