Pemerintahan

Emil Paparkan Konsep Pembangunan Jabar di Forum BRICS Rusia

RUSIA.SJN COM. -Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi pembicara kehormatan pada Fourth Forum on Small Business of The SCO and BRICS Regions di Ufa, Bashkortostan, Rusia, Kamis (18/10/2018) waktu setempat.

Forum BRICS merupakan forum kerja sama antara Brazil, Rusia, India, China, dan Africa Selatan yang dikolaborasikan dengan Forum SCO (Shanghai Cooperation Organization) yang kini tengah melaksanakan forum tahunan yang keempat.

Meskipun Indonesia belum menjadi anggota Forum BRICS ini, Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil diundang khusus dalam forum tersebut untuk menjadi pembicara kehormatan sebagai bagian dari pengembangan kerja sama Sister Province antara Provinsi Jabar dengan Republik Bashkortostan yang bertindak sebagai tuan rumah forum ini.

Dalam kesempatan itu, Emil memaparkan visi inclusive economy untuk Jabar, yakni fokus pada pengembangan ekonomi usaha kecil dan menengah (UKM) serta ekonomi perdesaan berbasis revolusi digital.

“Kami fokus mengembangkan beberapa program, seperti one village one company yang mengajak fresh graduate untuk menjadi CEO dalam program tersebut, mengedukasi UKM, petani, nelayan, dan masyarakat desa melalui digital ekonomi dalam menjual produk mereka secara online untuk memangkas rantai distribusi yang terlalu,” papar Emil dalam siaran persnya, Jumat (19/10/2018).

Di hadapan sekitar 4.000 peserta forum SCO and BRICS Regions Summit itu, Emil juga menyinggung komitmen pihaknya dalam memberantas praktik korupsi, salah satunya melalui penerapan akuntabilitas lewat media sosial.

Di samping itu, Emil juga menyinggung indeks kebahagiaan yang ingin dicapainya melalui pemerataan fasilitas publik di seluruh kabupaten/kota di Jabar.

“Saya ingin menyampaikan bahwa inclusive economy dan happiness program merupakan faktor utama yang akan kami dorong di Jawa Barat karena saya percaya, di masa yang akan datang pembangunan tidak hanya dalam bidang ekonomi, tetapi juga harus menyenth kebahagiaan masyarakatnya,” jelas Emil.

Sementara itu, Ketua Kamar Dagang dan Industri Bashkortostan yang merangkap sebagai Moderator Azat Fazlyev menyampaikan apresiasinya kepada Pemprov Jabar karena program-programnya tidak hanya menyentuh bisnis tingkat menengah atas, tetapi juga memberikan ruang bagi masyarakat untuk memulai usahanya dengan cara yang mudah.

“Program-program yang diterapkan di Jawa Barat sangat humanitarian. Hal ini menggambarkan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan ruang dan motivasi yang memadai bagi calon pengusaha yang kebanyakan tidak mengetahui bagaimana cara mereka memulai usaha dengan kemampuan yang mereka miliki,” katanya.