Parlementaria

Sukseskan Pileg dan Pilpres 2019 DPRD Jabar Harap Sinergitas Dengan KPU Tetap Terjaga

BANDUNG.SJN COM-Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari berharap sinergitas antara DPRD dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat dapat terus terjaga. Hal tersebut sebagai upaya untuk mensukseskan pelaksanaan Pileg dan Pilpres Tahun 2019 di Jawa Barat.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPRD yang akrab disapa Teh Ineu saat menerima kunjungan silaturahmi Pimpinan KPU Jawa Barat bertempat di Ruang Kerja Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Senin (1/10/2018).

Dalam kesempatan tersebut DPRD Provinsi Jawa Barat bersama KPU Jawa Barat membahas terkait persiapan pelaksanaan Pileg dan Pilpres Tahun 2019. Adapun dalam hasil pembahasan DPRD Provinsi Jawa Barat menghasilkan catatan-catatan salah satunya mengenai permasalahan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Yang masih jadi catatan kami yang pertama terkait dengan DPT, kami sudah melakukan koordinasi dengan Disdikcapil tentang perekaman KTP karena itu yang menjadi persyaratan utama yang harus dilakukan. Dalam proses persiapan ini kami lakukan pengawasan termasuk kemarin dalam rangka penetapan DPT kami juga mengawasi itu, kami meyakinkan kepada Disdukcapil apakah mereka mampu menyelesaikan perekaman KTP di Jawa Barat untuk pelaksanaan Pileg dan Pilpres.” ucap Ineu.

Ineu menambahkan, perlu ada kerjasama KPU dengan DPRD untuk mensinergikan beberapa kendala yang terjadi di lapangan seperti yang terjadi di kelompok komunitas adat, kemudian di kelompok lapas di Jawa Barat.

“Kedepan bersama-sama kita lakukan upaya untuk melancarkan pelaksanaan Pileg dan Pilpres. Dalam rangka sosialisasi yang harus terus dilakukan. Nanti pencoblosan ada 5 surat suara sehingga harus ada sosialisasi ke daerah-daerah, Jawa Barat ini cukup luas dengan 137 ribu lebih TPS perlu ada sosialisasi secara merata, tidak bisa melakukan pengawasan dengan cara sampling” ujar Ineu.

Lebih lanjut Ineu menegaskan, pihaknya meminta kepada KPU untuk mengantisipasi munculnya sekecil apapun komplain dari masyarakat yang ingin hadir dalam Pileg dan Pilpres yang akan datang.

“KPU dan DPRD bisa terus bersinergi terus bekerjasama kami pun tadi meminta secara terbuka kepada KPU untuk berkoordinasi dan berkomunikasi kepada kami termasuk kejadian-kejadian di lapangan kita menjaga di tahun politik ini bisa berjalan dengan baik dan kondusif, kami yakin di Jawa Barat ini dengan silih asah asih dan asuh nya tidak akan terjadi sesuatu yang dikhawatirkan oleh banyak orang dan juga bukan yang termasuk rawan tinggi” papar Ineu.

Ineu menghimbau kepada seluruh unsur pemerintahan dan element masyarakat untuk secara bersama-sama menciptakan kekompakan untuk menghadirkan situasi yang kondusif jelang pelaksanaan Pileg dan Pilpres Tahun 2019 di Jawa Barat.

“Harus kita ciptakan bersama-sama, bagaimana KPU harus kompak, Forkompinda harus menjaga keamanan meyakinkan masyarakat bahwa pelaksaan Pileg dan Pilpres di Jawa Barat bisa berjalan aman, lancar, dan kondusif seperti harapan semua masyarakat di Jawa Barat” pungkas Ineu. (dh)