Nasional

DEVI RIYANTI RAIH BERBAGAI PRESTASI LOMBA BERCERITA

 

 

 

Jakarta.Swara Wanita.

Lomba Bercerita SD/MI Tingkat Nasional Tahun 2018 dari Provinsi Jawa Barat di Wakili oleh Kabupaten Bandung atas nama Devi Riyanti dari SDN Sindur 02 Kabupaten Bandung, pelaksanaan kegiatan lomba bercerita tingkat Nasional pada hari senin s/d jum’at tanggal 3 s/d 7 September 2018 di Hotel Orchadz Jakarta Pusat. Lomba Bercerita SD/MI Tingkat Nasional ini dibuka oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI Muhammad Syarif Bando dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Kegiatan ini digelar setiap tahun bertujuan untuk mengembangkan minat baca serta membangun pola pikir anak yang kritis dengan pandai berbahasa dan pandai dan diharapkan anak-anak gemar membaca dengan memanfaatkan segala materi yang ada diperpustakaan serta diharapkan di Daerah-daerah akan lebih maju dan tidak dipandang sebelah mata ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Duta Baca Indonesia (Najwa Shihab) menyampaikan pesan :Kunci dari pengembangan perpustakaan adalah sumber daya manusia karena inti perpustakaan bukan pada benda, melainkan manusianya, Pustakawan, Pengurus, Pemimpin Duta Baca dan Para Penggiat” ujarnya.

Peserta lomba Bercerita SD/MI ini diikuti oleh 34 Provinsi merupakan para jura di Tingkat Provinsi .

Kepala Dispusip Kabupaten Bandung, Tri Heru Setiati memaparkan bahwa dengan mengikut sertakan perwakilan dari Kabupaten Bandung atas nama Devi Riyanti untuk mengikuti Lomba Bercerita Tingkat Nasional ini untuk meningkatkan Minat Baca pada anak.Karena, selain melestarikan tradisi komunikasi, bercerita juga dapat membangun dan mengembangkan kepribadian sekaligus melatih dalam memperkaya bahasa. Dan yang tidak kalah penting, yakni membangun karakter kompetitif bagi anak, mereka sudah berani bereksprsi, mendeskripsikan bahkan berinotasi dan dengan bahasa tubuh dalam memyampaikan gaya bercerita ungkap Tri.

Sosok Devi Riyanti  Kelahiran 15 September 2006 bertempat tinggal di Kampung Ngauban, Desa Alamendah, Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung, Anak pasangan Ujang Rasmana dan Maryati ini bercita-cita jadi Artis, Hobby menyannyi .

Siswa Kls V SD Negeri Sindur 02 Kp.Cipanawa, Desa Alamendah Kec.Rancabali. Berbagai buku yang pernah dibaca diantaranya : 1. Purnama Di Galuh Sangkuan (Kumpulan Cerita Kab Bandung). 2. Ghina ( Kisah Nyata Perjuangan Seorang Anak Penderita Sindrom Crouzon). 3. Lingkungan Yang Aman dan Tentram 4. Ayo, Bangun Untuk Sholat Shubuh. 5. Suka Duka Sebatang Pensil 6. Cara Pembuat Saus  7.Tekad Si Pemulung Cilik. 8.Membuat Ukiran dari Bahan Gabus.

Berbagai prestasi yang pernah diraih antara lain  Harapan 1 Pildacil PutriTahun 2017, Juara 3 Lomba Pildacil Tahun 2018, Juara 1 Lomba Bercerita SD/MI Tingkat Kabupaten Bandung, Juara 1 Lomba bercerita SD/MI Tingkat Provinsi. Materi Lomba  1. Air Mata Dewi Rengganis, 2. Raden Kalung Bimanagara.(die)