Regional

Raih Prestasi Kampung KB Dusun II Desa Naluk Kec.Cimalaka Kabupaten Sumedang

Sumedang.SJN Com.

Kampung KB merupakan program nasional yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi pada tahun 2016.Khusus untuk Kab.Sumedang memiliki 27 Kampung KB yang tersebar di 26 Kecamatan, bahkan ada satu kecamatan yang memilki 2 Kampung KB.Tentang keberadaan Kampung KB di Kanb sumedang bertujuan untuk meningkatkan kualitas masyarakat yang ada di sekitar Kampung KB, terutama untuk pembentukan pengurusnya, pencanangannya sudah dilakukan di 27 Kampung KB. Hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Sumedang. Nasam, SE, Ak,  Saat di temui Swara Jabbar di Kantor DPPKB ) Kab Sumedang, Senin (20/8/2018).

Lebih lanjut Nasam menuturkan bentuk wujud dari Kampung KB tidak hanya menjadi tanggung jawab DPPKB, melainkan tanggung jawab dari seluruh SKPD. Dikatakan Nasam, kontribusi dari seluruh dinas yang ada di Kabupaten Sumedang harus dilakukan untuk membangun Kampung KB secara optimal dan kualitas masyarakat cepat meningkat. “Kami mengajak seluruh stakeholder yang terkait untuk sama-sama menggarap Kampung KB, mudah-mudahan dengan terbentuknya Kampung KB, bisa menjadi titik tolak keberhasilan Kabupaten Sumedang,”tukasnya.

Sementara itu Ketua Kampung  KB Dusun II Desa Naluk Kec.Cimalaka Kabupaten Sumedang yang juga menjabat Kepala Desa Naluk H.Sutia Surartiana K menuturkan bahwa Keberadaan Kampung KB di desanya sudah ada dibentuk jadi bukan baru bentuk, kita ketahui banyak indikator untuk suatu wilayah dijadikan Kampung KB, maka sebelum dijadikan Kampung KB, Desa Naluk ini sudah memenuhi syarat menjadi Kampung KB ujarnya.

Berbagai program unggulan yang ada di Kampung KB Dusun II Desa Naluk Kab Sumedang yaitu Bina Keluarga Remaja (BKR) Purnawa 2, Sekretariat Kampung KB, Bina Keluarga Lansia (BKL) Purnawa 2, Paud Bina Nusantara, Poklahsar Sariksa Aradea Food, KWT Sariksa Aradea Food, UP2K Desa Naluk, UPPKS Purnawa 2, Bank Sampah dan mendapat penghargaan Desa Ramah Anak Tingkat Nasional 2018.

Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Jawa Barat  S. Teguh Santoso mengatakan Kampung KB sejalan dengan program nawacita pemerintah, yakni agenda
prioritas ketiga, membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat
desa-desa dalam kerangka negara kesatuan; agenda prioritas kelima, meningkatkan
kualitas hidup manusia Indonesia; serta angenda prioritas kedepalan, yaitu
melakukan revolusi karakter bangsa tuturnya. (die)