Regional

Harganas Momentum Ingatkan Peran Keluarga Sebagai Pilar Bangsa

 

Karawang SJN.Com

Rangkaian Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXV diawali dengan berbagai kegiatan, antara lain Lomba Paduan Suara Kader Pos KB antar kabupaten/ kota se-Jawa Barat, kemudian ada Roadshow Mobil Unit Penerangan KB se-Jawa Barat, Lomba Cerdas Cermat Kader Kampung KB tingkat provinsi, hingga puncaknya, upacara peringatan Hari Keluarga Nasional XXV di Karawang.

Di acara puncak, digelar pula Kampung KB Expo, yang merupakan pameran Kampung KB unggulan dan Gelar dagang Produk UPPKS se-Jawa Barat.

Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Barat, S. Teguh Santoso mengatakan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga adalah program yang sangat strategis dalam pembangunan di Jawa Barat.

Menurutnya program KB tidak hanya bergerak dalam aspek kuantitas, yaitu pengendalian penduduk, namun juga dalam aspek kualitas penduduk, program KB berperan penting dalam peningkatan kualitas manusia Jawa Barat berbasiskan keluarga. Terlebih Jawa Barat, dengan jumlah penduduk 48 juta jiwa, merupakan penentu dari program pembangunan nasional.

“Untuk itu masyarakat Jawa Barat perlu mengetahui dan memahami pentingnya program Kependudukan, KB dan pembangunan keluarga” katanya.

Teguh mengatakan Hari Keluarga Nasional merupakan momentum yang tepat untuk mengingatkan kembali peran keluarga sebagai pilar bangsa. Upaya memperkokoh ketahanan keluarga dan pemenuhan hak anak, menjadi penting untuk mewujudkan keluarga-keluarga Jawa Barat yang maju dan sejahtera.