Pemerintahan

2 Pusat Pertumbuhan Ekonomi Baru Hadir di Jabar

 

Bandung.Swara Jabbar.

Jawa Barat akan segera memiliki dua pusat pertumbuhan ekonomi baru, yaitu di kawasan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Majalengka dan kawasan wisata di Sukabumi.

Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi mengatakan kawasan pertumbuhan baru di timur Jawa Barat ini juga akan akan didukung oleh infrastruktur berupa pelabuhan besar di Patimban, Kabupaten Subang. Pelabuhan ini akan lebih besar dibanding Pelabuhan Tanjungpriok Jakarta.

“Diharapkan di situ (Kertajati dan Subang) akan menjadi pertumbuhan baru. Dimana selama ini angkutan logistik itu menuju Jakarta macet,” kata Menhub usai jadi pembicara dalam Dialog Nasional ke-16 “Indonesia Maju” di Balai Asri Pusdai Jabar, Jl. Diponegoro Kota Bandung, Rabu (18/7/18).

“Pusat pertumbuhan ekonomi baru di Jabar ini jadi alternatif dan ini menjadi suatu pusat pertumbuhan membuat Subang, Karawang, Indramayu, Cirebon, Majalengka menjadi suatu pusat pertumbuhan industri yang luar biasa,” lanjutnya.

“Kertajati sudah beroperasi bahkan bisa umroh dan haji dari sana, dan (Pelabuhan) Patimban tahun depan jadi. Jadi, ini bisa menjadi kekuatan baru bagi Jawa Barat,” ungkap Menhub.

Kawasan pusat pertumbuhan ekonomi baru lainnya ada di Sukabumi. Menhub mengungkapkan daerah Sukabumi akan dikembangkan menjadi kawasan destinasi wisata. Terlebih saat ini telah ditetapkannya Geopark Ciletuh-Palabuhanratu menjadi jaringan geopark dunia Unesco.

Kawasan wisata Sukabumi akan didukung konektifitasnya melalui Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), pembangunan Bandara di Cikembar, serta jalur kereta api double track. “Sukabumi kita kenal sebagai daerah Pariwisata, ada geopark yang bagus sekali,” ujar Menhub.

“Kita ingin membangun Sukabumi sebagai destinasi wisata, agar selama ini (perjalanan) enam jam dari Jakarta (ke Sukabumi) kita harapkan satu setengah jam,” jelasnya.

Untuk itu, Menhub berharap masyarakat bisa ikut berpartisipasi membangun kawasan pusat pertumbuhan ekonomi ini. “Kita bersama-sama mengembangkan atau menggunakan, misal Patimban sebagai suatu daerah logistik. Industri di Jawa Barat kita kembangkan supaya ini bisa memberikan dukungan bagi Patimban dan memberikan kemakmuran bagi masyarakat Jawa Barat,” paparnya.

Menhub menuturkan sejauh ini progres pengerjaan Bandara Cikembar di Sukabumi sudah mencapai tahap akhir pembebasan lahan. Begitu pun dengan proyek Pelabuhan Patimban, yang diharapkan awal Agustus 2018 ini bisa dilakukan groundbreaking.***