Parlementaria

DPRD Jabar Imbau Masyarakat Jaga Kondusivitas Pasca Pilkada

 

 

 

Bandung. SJN Com.

 

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat mengimbau seluruh masyarakat untuk menjaga dan mempertahankan situasi yang kondusif di Provinsi Jawa Barat pasca pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 kemarin.

“Kami bersyukur pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 di Jawa Barat kemarin berlangsung lancar dan aman. Kondusif lah, tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Dan kami berharap seluruh masyarakat bisa terus menjaga kondusivitas yang telah ada sekarang pasca pilkada ini,” kata Ketua DPRD Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari, di Bandung, Kamis (28/6/2018).

Politisi perempuan dari Fraksi PDIP DPRD Jawa Barat juga mengimbau agar masyarakat menahan diri terhadap isu-isu yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan pasca pelaksanaan Pilkada Serentak 2018 ini.

“Kalau ada pesan-pesan berantai di medsos saya harap jangan langsung dipercaya begitu saja. Harus kros cek benar-benar. Mari kita menatap ke depan, pilihan boleh beda-beda tapi pasca pilkada ini kita harus tetap bersatu, jaga persaudaraan,” kata dia.

Pihaknya juga berterima kasih kepada masyarakat Jawa Barat yang sudah antusias memberikan hak pilihnya pada Pilkada Serentak 2018 Jawa Barat dan antusiasme masyarakat tersebut ditunjukkan dengan meningkatnya partisipasi pemilih yakni dari 63 persen menjadi 72 persen.

“Tentunya kami bangga, meningkatnya partisipasi pemilih di Pilgub Jawa Barat 2018 dan pilkada di 16 kabupaten/kota Jawa Barat tahun 2018 ini merupakan bukti bahwa semua pihak terkait sudah melakukan kinerja terbaik, khususnya teman-teman di DPRD Jawa Barat, setiap ada kesempatan menyapa masyarakat kita pasti sampaikan ke masyarakat agar jangan golput,” kata Ineu.

Selain itu, lanjut dia, meningkatnya partisipasi pemilih pada Pilkada Serentak 2018 di Jawa Barat juga tak lepas dari terbitnya Keputusan Presiden yang menjadikan tanggal 27 Juni 2018 sebagai hari libur bagi daerah yang melaksanakan pilkada.

Ia menambahkan, ada beberapa TPS di Kabupaten Sumedang yang tingkat partisipasi pemilihnya hampir mencapai 100 persen.

“Kemarin saya turun langsung memantau pelaksanaan pilkada di Kabupaten Sumedang, saya mantau di lima TPS dan ada beberapa TPS yang tingkat partisipasinya hampir 100 persen,” kata dia.