Parlementaria

SEMANGAT PERJUANGAN RADEN AJENG KARTINI HADIR UNTUK KAUM PEREMPUAN INDONESIA.

Hj. Nenden Sukaesih, SE.

Ketua Komisi B DPRD Kota Bandung

 

Bandung.SJN. Com.

Hari Kartini adalah hari yang diperingati bertepatan dengan hari kelahiran pahlawan kemerdekaan Raden Ajeng Kartini (R.A. KARTINI)  pada tanggal 21 april setiap tahun sejak tahun 1964 oleh seluruh bangsa Indonesia. Kartini memang menjadi ikon bagi emansipasi perempuan semasa hidupnya perempuan yang lahir di jepara jawa tengah 21 april 1879 ini selalu memperjuangkan kesetaraan gender lewat tulisan-tulisanya. Kegemaran membaca membuatnya berfikir kritis dan menimbulkan keinginan untuk memajukan wanita indonesia yang pada sat itu tertindas oleh keadaan,wanita yang di diskriminas dan tidak sama.sekali mempunyai ruang gerak yang bebas, jangankan untuk berkarya lari dari kebodohan dan terlepas dari diskriminasi yang telah membudayapun seperti hal yg tidak mungkin, maka lewat perjuanganya  yang meskipun tidak melalui turun di medan perang namun lewat tulisan,karya,perjuangan dalam membela dan memperjuangkan hak wanita membuat wanita saat ini tidak lagi didiskriminasi .

 

Oleh karena itu masihkah kita enggan nelanjutkan cita-cita Kartini untuk mengangkat nama wanita indonesia . Hasil karya pemikiran ibu Kartini sampai dengan saat ini selalu menjadi acuan dan motivasi terutama untuk kalangan wanita in donesia adalah merupakan kumpulan dari surat-surat  yang dikirimkanya kepada para sahabat-sahabatnya di belanda . Kumpulan surat-surat  itukemudian di susun menjadi sebuah karya yang berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang” kita bisa ,kita mampu, untuk bisa melangkah lebih jauh berkarya lebih bebas bergerak lebih luas.

 

Ketua komisi B Hj. Nenden Sukaesih  menuturkan semangat dan perjuangan RA.Kartini senantiasa hadir bagi seluruh kaum perempuan di Indonesia hingga saat ini meskipun sosoknya telah tiada Raden Ajeng Kartini adalah seorang perempuan sebagai  Pelopor Pertama yang mampu memberikan pengaruh dan manfaat bagi lingkungan di sekitarnya sehingga untuk kemajuan perempuan indonesia sudah dirasakan ada kesetaraan gender seperti  halnya di undang-undang bahwa adanya keterwakilan sekitar 30% perempuan dalam keanggotaan Dewan Perwakilan Rakyat. Dan banyak juga perempuan perempuan yg duduk di pemerintahan seperti birokrat dan eksekutif.

 

Itupun dimana kaum perempuan di tuntut mempunyai kualitas diri yang baik, pendidikan tinggi, pengetahuan yang luas ,bonafit sehingga dapat mengejar kesetaraan gender,oleh karena itu khususnya perempuan-perempuan di kota Bandung harus terus menjadikan perempuan yang lebih baik kita perjuangkan apa yang menjadi cita-cita bersama yaitu kesejahteraan,yakin kalau kita bekerjasama   bergandeng tangan  dengan sesama perempuan dimanapun berada tentu saja kita bersama Kaum laki-laki juga akan mencapai kesejahteraan bersama,  melalui momentum ini kita kaum perempuan di ingatkan lagi tentang semangat sifat gotong royong dan meneladani sosok patriot kartini.

Oleh karena itu perlunya diperingati hari kartini adalah  tokoh Pelopor kepahlawan nasional  indonesia sebagai pelopor kebangkitan perempuan indonesia dan beliau juga sosok yang memiliki pemikiran dan mendobrak sudut pandang terhadap kum perempuan saat itu serta meneladani sikap kartini yang sopan santun. Lemah lembut dan tidak arogan.

 

Hj. Nenden Sukaesih, mengaku terinspirasi oleh kartini sehingga mengantarkan dirinya menjadi  Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) di Kota Bandung dan bangga karena berkat perjuangan Raden Ajeng kartini di zamanya saat ini banyak muncul sosok kartini lainya. Hj. Nenden Sukaesih , berpesan kita peringati hari kartini, kita melihat nilai-nilai luhur perjuangan Raden Ajeng Kartini yang memperjuangkan perempuan sehingga perempuan di Indonesia maju seperti yang sekarang kita rasakan dengan melaksnakan kegiatan yang menyentuh  membangun dan meningkatkan kualitas diri sebagai perempuan seperti halnya di isi dengan seminar-seminar, bakti sosial atau pun lomba lomba keterampilan dalam kegiatan yang diadakan dalam memperingati hari RA. Kartini.

 

Di akhir bahasan Hj. Nenden Sukaesih dari Komisi B DPRD Kota Bandung , Mengucapkan Selamat Memperingati  “Hari kartini”  dan selalu tetap bersemangat untuk meningkatkan emansipasi dari kaum perempuan namun dengan tidak mengesampingkan kaidah-kaidah yang sudah di tetapkan dalam ajaran agama.