Regional

Forum Anak Jabar Tingkatkan Kreatifitas Anak

Bandung.SJN.Com

 

Forum Anak Jawa Barat merupakan wadah partisipasi dan penampung aspirasi anak-anak di Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Barat di bawah naungan DP3AKB (Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana Provinsi Jawa Barat. Kegiataan Forum Anak Jawa Barat mengadakan sosialisasi Forum Anak yang diadakan di Car Free Day (CFD) Arcamanik Kota Bandung, Minggu 8 (4/2018).

Pada kesempatan tersebut Kabid Pemenuhan Hak Anak  DP3AKB Prov. Jabar Dra.Hj.Dian Mardianawati, M.Pd menuturkan bahwa acara ini digagas oleh Forum Anak berarti kita bisa mengfungsikan  dari pada Forum Anak yaitu mereka  sebagai “2 P”  yaitu bahwa mereka sebagai Pelopor dan sebagai Pelapor .

Sebagai Pelopor yaitu saat ini mereka memberitahukan kepada masyarakat bahwa mereka mengajak anak-anak yang berada di Caar Free Day Arcamanik untuk bermain untuk mengetahui apa itu Forum Anak dengan mensosialisasikan  keberadaan mereka , apa lagi ini memanfaatkan mobil Forum anak yang diberikan oleh Gubernur Jawa Barat  Ahmad Heryawan, Forum anak difasilitasi dengan mobil seperti ini dengan difasilitasi buku-buku dan bisa pemutaran Film dengan layar tancap, tapi sesuai dengan kebutuhan  ujar Dian.

Lebih jauh dian mengatakan untuk saat ini menginformasikan kepada masyarakat, keberadaan Forum Anak , sehingga mereka harus mampu mensosialisasikan kepada teman-temannya lagi tentang hak-hak anak, kewajibannya . Kemudian partisipasinya anak dimulai dari mereka sendiri dan mendapat dorongan dari pemerintah . Harapan kami dengan adanya Mobil Forum Anak dari Bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Barat bermakna bisa bermanfaat. Mereka bisa bermanfaat mereka bisa berkeliling dengan teman –teman sebayanya dengan membawa informasi dalam mobil ini berisikan Pamplet Forum Anak/ Kab/Kota Layak Anak.Buku-buku  bantuan dari Dispusipda Jabar. Forum anak ini sudah mempunyai jadwal sendiri untuk bersosialisasi di CFD Dago, dan di Balai Kota, kita hanya memfasilitasi mereka, kita hanya mengarahkan mereka ujarnya.

Harapan kedepan dari Forum Anak ini mereka memsosialisasikan pemenuhan hak anak dan bagaimana mereka melindungi anak-anak tersebut, melindungi dari kekerasan dari Bullying  dari apapun , mereka jadi pelopor , diharapkan ketika ada kejadian yang menimpa teman mereka, mereka harus bisa melapor, kemana mereka harus melaporkan dari mereka tumbuh lebih berprilaku baik, ahlahkul karimah , sehingga sebagai pelopor dari anak-anak Forum Anak, ini bekerjasama dengan  Forum Anak Kota Bandun, juga Perpustakaan Kota Bandung jadi lebih semarak dan ramai.

Terlihat anak-anak sangat antusias dengan saat pembagian  Balon  oleh Forum Anak . menggambar, mengajak anak-anak lainnya berkreatifitas . Insya Allah Tunas-tunas Bangsa Harapan Bangsa yang sangat luar biasa yang penuh kreatifitas cerdas, inisiatiaf , Kita mengarahkan dan membimbing mereka pungkas Dian.(diah)