TNI

DENGAN SAMAPTA PERIODIK, FISIK PRAJURIT DAN PNS KOREM 061/SK TERUJI DAN TERUKUR

Bogor. SJN.Com

 

Untuk mengukur sejauh mana Kesamaptaan Prajurit dan PNS Korem 061/Suryakancana dilaksanakan kegiatan Samapta Periodik Tahap I TA 2018 yang dilaksanakan di Lapangan Pusdikzi Kota bogor, Jum’at (23/3).

 

Kesamptaan jasmani yang baik merupakan modal utama dalam mendukung keberhasilan tugas pokok TNI AD, dimana kali ini diikuti oleh anggota dari Kodim 0606/kota Bogor, Minvetcad Kota Bogor dan anggota Makorem 061.

 

Kegiatan Samapta ini dipimpin oleh Kajasrem 061/Sk Kapten Inf Eka Purnama, S.Ip., yang dilaksanakan mulai tanggal 21 s.d 29 Maret 2018.

 

Sebelum kegiatan dimulai, diawali dengan pengecekan personel yang akan melaksanakan tes Samapta kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan awal untuk mengukur Tensi dan denyut nadi bagi para peserta. Beberapa item yang dinilai dalam tes kesamaptaan Jasmani, yaitu Lari jarak tempuh 3200 meter kesegaran A dan untuk kesegaran B meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up dan Shuttle Run dan berikutnya adalah ketangkasan berupa renang sejauh 50 meter serta Postur.

 

Kajasrem 061/Sk mengatakan Pembinaan fisik dalam menghadapi kesamaptaan jasmani bagi prajurit ini mengacu pada program-program dari Komando atas dan dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut. Pembinaan dilaksanakan meliputi aerobik rutin tiap hari Selasa, Kamis dan Jum’at, Program pembinaan fisik harus dilaksanakan secara serius sehingga akan mendapat hasil nilai yang maksimal, ujarnya. (Penrem 061/Sk)